Official Website of Automation Engineering Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya

Kegiatan Retooling ke Politeknik Mekatronika Sanata Dharma

Era perkembangan zaman sekarang semakin menuntut sumber daya manusia yang profesional dalam melakukan pekerjaan agar menghasilkan sebuah produk dan atau jasa yang berkualitas. Salah satu aspek yang harus dimiliki oleh para pekerja profesional adalah kemampuan dalam menggunakan berbagai peralatan ataupun perangkat berbasis teknologi canggih. Sebab di beberapa perusahaan dan industri baik makanan maupun pengolahan bahan baku telah menggunakan perangkat otomasi dalam menjalankan produksinya. Sehingga industri sekarang kebanyakan membutuhkan tenaga professional yang memiliki sertifikasi di bidangnya.

Berdasarkan hal tersebut, maka perguruan tinggi dalam hal ini Politeknik harus mampu menyelaraskan kompetensi mahasiswa terhadap kebutuhan industri. Tujuannya adalah agar mahasiswa yang telah menyelesaikan studinya telah memiliki kompetensi yang siap pakai di industri. Permasalahan di atas, tentunya bukan hanya menjadi perhatian penuh bagi perguruan tinggi vokasi, namun telah menjadi fokus utama pemerintah dalam meningkatkan jumlah sumber daya manusia yang memiliki kemampuan dalam berbagai bidang ilmu.

Salah satu program yang dijalankan oleh pemerintah dalam hal ini Direktorat Jenderal Kelembagaan, Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Kemenristek Dikti adalah program retooling kompetensi vokasi Dosen dan Mahasiswa. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kapabilitas dosen pendidikan tinggi sesuai dengan kompetensinya serta meningkatkan daya saing alumni pendidikan tinggi vokasi dalam bersaing mendapatkan pekerjaan secara global

Tujuan mengikuti program retooling kompetensi dosen vokasi ini adalah:

  1. Untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dosen dalam bidang mekatronika khususnya perancangan sistem mekanik, kontrol dan elektronika.
  2. Sharing atau bertukar pikiran dengan dosen pada perguruan tinggi lain dengan program studi yang sama agar dapat menyamakan kurikulum yang diterapkan pada masing-masing pogram studi seperti yang didapatkan selama retooling dosen vokasi.
  3. Agar dosen mendapatkan sertifikat profesional yang dijadikan acuan sebagai tenaga pengajar yang profesional dibidangnya.

Kegiatan retooling dosen perguruan tinggi vokasi bidang mekatronika dilaksanakan di Kampus Politeknik Mekatronika Sanata Dharma (PMSD) kampus Paingan, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta. dilaksanakan pada tanggal 2 Juli – 3 Agustus 2018

 

 

 

 

 

 

 

 

Adapun dosen-dosen PPNS yang mengikuti kegiatan antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Bapak Ir. Joko Endrasmono, M.,T.
  2. Bapak M. Basuki Rahmat, ST., MT.
  3. Bapak Catur Rahmad. H., ST., MT.
  4. Bapak Bayu Wiro Karuniawan, ST., MT.

Kegiatan retooling ini dilaksanakan dalam bentuk pelatihan/training yang berisi beberapa materi-materi dasar ilmu teknik mekatronika diantaranya mekanik, elektronika, dan komputer atau pemrograman

Satu hal penting lainnya adalah bahwa tujuan utama dari pelaksanaan retooling ini yaitu agar peserta terbuka wawasannya terhadap bidang ilmu yang dalaminya. Sehingga target minimalnya adalah mereka mengetahui apa saja yang menjadi kekurangan pada perguruan tinggi masing-masing dan berusaha untuk melengkapinya berdasarkan kebutuhan yang disesuaikan pada kompetensi bidang mekatronika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *